Minggu, 11 Maret 2012

Tips Belajar

Belajar adalah memahami, bukan menghapal. Membaca adalah kunci belajar supaya paham. Belajar bukanlah momok yang harus ditakuti, tapi belajar adalah salah satu usaha menuju kesuksesan dan keberhasilan. Belajar memang gampang, tapi memahami merupakan kesulitan. Kali ini, aku akan memberi tips belajar yang baik dan menyenangkan.
1. Paling utama adalah harus ada kemauan. Tekadkan dalam diri bahwa belajar itu menyenangkan. Niatkan dalam jiwa bahwa belajar itu kunci kesuksesan.
2. Jangan berlebihan dalam belajar. Artinya, dalam belajar jangan sampai membiarkan otak terus bekerja. Biarkan otak beristirhat. Diselingi dengan refreshing.
3. Bangun suasana belajar yang nyaman. Tempat yang bisa membuat nyaman ke diri sendiri, sehingga menjadikan belajar bukan sebagai beban. Waktu belajar juga yang enak, baiknya waktu pagi hari, karena otaknya masih fresh.. wow gmn gthu lah,, :))
4. Membuat sesuatu yang bisa membantu dalam memahami pelajaran seperti; tabel, peta konsep, rangkuman, jembatan keledai, dll.
5. Mencari sumber ketika belajar seperti; internet, buku paket, guru, dll.
6. Membuat catatan intisari pelajaran. Catatan di buku saku/kertas.
7. Membuat perencanaan yang baik. Dengan begitu, tugas-tugas selain tugas sekolah juga masih bisa dikerjakan. Hal ini juga melatih kita untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Perencanaan bisa dilakukan dengan contohnya membuat jadwal belajar seenjoy mungkin.
8. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah berdo'a sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Makasih ya smua'y...... Moga jha bisa bermanfaat untuk kaliand n aku ndiri..
Selamat mencoba!!! Semoga berhasil.. :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar